Ke Atas

55 SMP di Batam terapkan UNBK

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Jumat, 09 Feb 2018 16:02 PM / Belum ada komentar / 40 pembaca
Ilustrasi

Batam, Sijoripost.comSebanyak 55 dari 116 Sekolah Mengengah Pertama (SMP) akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan jumlah ini jauh lebih meningkat dari tahun yang hanya berkisar 30 sekolah.

Ia menambahkan semakin banyaknya sekolah yang melaksanakan UNBK ini tidak lepas dari ketersediaan peralatan pendukung seperti komputer dan jaringan internet yang memadai.

“Tahun ini sudah banyak sekolah yang mandiri jadi tidak menumpang lagi di sekolah lain seperti SMPN 3 yang dulu menumpang di SMAN 1 Batam sekarang sudah mandiri,” bebernya.

Mengenai belum 100 persen UNBK di Batam, Muslim mengungkapkan itu tidak lepas dari ketersediaan peralatan pendukung. Sekolah harus memenuhi syarat ketersediaan peralatan minimal 30 persen dari jumlah siswa baru bisa ikut UNB. ” Nah ini permasalahannya, saya harap tahun depan Batam bisa 65 persen UNBK sesuai target Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Hernowo menyebutkan tahun ini terdapat 15.380 siswa ditingkat menegah pertama yang akan mengikuti UN.

Seluruh sekolah yang mengikuti pelaksanaan UNBK akan mulai kegiatan simulasi UNBK 14-15 Februari ini. “Di sini siswa akan diberikan tata cara pengerjaan soal UNBK dengan baik dan benar,” sebutnya.

Ia mengatakan meskipun UN sekarang ini bukan penentu dalam kelulusan, siswa diharapkan untuk tetap berusaha mendapatkan nilai terbaik. “Karena ini akan berdampak bagi prestasi sekolah, kalau nilau bagus tentu satu pencapaian yang sangat luar biasa, dan Batam bisa mempertahankan predikat nomor satu di Kepri,” terangnya.

batampos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares