Ke Atas

Angin utara melanda Batam hingga akhir bulan

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Jumat, 09 Feb 2018 16:02 PM / Belum ada komentar / 50 pembaca
Ilustrasi

Batam, Sijoripost.com Angin utara dengan kecepatan maksimal 40 kilometer perjamnnya melanda Batam hingga akhir bulan. Akibat angin utara ini menyebabkan arus laut semakin kuat dan gelombang tinggi. Oleh sebab itu pihak Stasiun Meteorologi (Stamet) Hang Nadim Batam meminta masyarakat selalu berhati-hati saat beraktivitas di luat.

“Setiap tiga kali sehari, kami akan melakukan update. Untuk melihat perkembangan fenomena angin utara ini,” kata Kasi Datin Stamet Hangnadim Batam, Suratman, Rabu (7/2).

Walau adanya fenomena cuaca angin utara ini, Suratman menuturkan aktivitas pelayaran di perairan Batam masih cukup kondusif. Sehingga para nelayan tidak perlu merisaukan angin utara. “Walau begitu, tetap selalu hati-hati,” tuturnya.

Suratman meminta masyarakat tidak hanya berhati-hati saat beraktivitas di laut saja. Tapi di darat juga. Karena angin kencang ini dapat menumbangkan pohon-pohon yang sudah tua. “Pohon tumbang, walau angin kencang. Cuacanya cukup terik, minum yang cukup supaya tidak dehidrasi,” ucapnya

Fenomena angin utara ini disebutkan Suratman sudah menjadi hal yang biasa. Karena memasuki awal tahun, angin utara berhembus kencang akan menerpa wilayah Kepri, khususnya Batam.

Terkait dengan fenomena angin utara ini, Kepala Pos Pelabuhan Telaga punggur Komaruddin mengatakan hingga kini pelayaran di Nongsa tidak terganggu akibat hal ini.
“Hingga kini pelayaran masih lancar,” tuturnya.

Walau begitu, Komaruddin menuturkan pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan instansi yang terkait tentang pembaharuan fenomena ini.

“Saya selalu kontak-kontakan dengan BMKG, agar selalu mendapatkan pembaharuan cuaca tiap harinya,” ucapnya singkat.

batampos.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares