Ke Atas

Disaksikan Ribuan Warga, Prosesi Pelantikan DPD LMR Kuansing Berlangsung Meriah

Oleh Redaksi Sijoripost / Diterbitkan pada Kamis, 21 Des 2017 13:01 PM / Belum ada komentar / 212 pembaca
Penyerahan pataka dari Panglima DPP LMR Provinsi Riau ke Panglima DPD LMR Kuansing

Pekanbaru, Sijoripost.com – Pelantikan dan pengukuhan DPD Laskar Melayu Riau Kabupaten Kuansing yang dipimpin oleh Panglima Fitra Arianto digelar di lapangan sepakbola PC Simandolak Kecamatan Benai di hadiri sejumlah tokoh tokoh dari Kuansing seperti Bupati Kuansing, Mursini, serta Wakil Bupati Kuansing, H Halim.

Tampak juga dalam barisan tamu yang hadir Sekretaris Komis lll DPRD Provinsi Riau, Suhardiman Amby (panglimo Dalam), Kadispora Provinsi Riau, Doni Aprialdi sebagai yang mewakili Gubernur Riau serta ribuan masyarakat Kuansing tumpah ruah sebagai saksi pelantikan dan pengukuhan DPD LMR Kabupaten Kuansing.

Prosesi kegiatan pelantikan di awali dengan pembacaan surat keputusan oleh sekjen DPP Drs Rajiman dan dilanjutkan dengan pemasangan tanjak serta pernyataan ikrar para pengurus LMR Kuansing yang di pimpin oleh Panglima DPP LMR Datuk Effendi.

Bupati Kuansing. Mursini, dalam salahsatu sambutannya mengatakan sangat bangga dan berbahagia sekali dengan kehadiran datuk datuk di Kuantan Singingi dan berharap akan lebih menambah spirit untuk menjaga adat dan lembaga Melayu di Kuantan Singingi.

Datuk Panglimo Dalam, Suhardiman Amby menyampaikan sambutannnya

Selepas itu, Suhardiman Amby, sebagai anggota DPRD Provinsi Riau atau yang dikenal dengan Panglimo Dalam oleh masyarakat Kuantan Singingi, dengan menggelegar menyampaikan pesan kepada anak dan ponakan yang baru di lantik sebagai Laskar Melayu Riau

”selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Ya. Para pengurus LMR harus ingat, Kalian adalah pagar bagi negeri, teriaknya menyemangati, kalian harus bisa menjadi pagar dan pembela bagi masyarakat Kuansing ini. Ya, Harus kalian ingat itu, Karena ini adalah tanah kita, sambungnya. Kalian harus menjadi tuan di negeri ini. Bukan menjadi yang dikesampingkan. Rebut itu kekuasaan. Agar dengan begitu kita bisa menjaga dan mengatur kampung kita sendiri,” pesan Suhardiman Amby dengan penuh semangat dalam salah satu sambutannya.

Ketua harian LAM Riau, Syahril Abu Bakar

Tak kalah penting dari sambutan yang disampaikan oleh Datuk Panglimo Dalam yang dengan menggelegar menyampaikan pidatonya, Ketua harian Lembaga adat Melayu Riau, Syahril Abu Bakar menyampaikan sepatah dua kata nan bijak sebagai pelengkap dari prosesi pelantikan dan pengukuhan DPD LMR Kuansing.

”saya minta para pengurus laskar Melayu Riau Kabupaten Kuansing dapat mencontoh Datuk panglimo, Suhardiman Amby, yang dengan mati-matian membela tanah kita melalui pansus monitoring. Dan terbukti tanah kita di ambil oleh mereka tanpa ada izin yang jelas, sebutnya, namun melalui kebijakan presiden, tanah ulayat yang di klaim milik perusahaan tersebut telah diserahkan kembali kepada kita seluas 1.2 juta hektar. Dan tanah ini akan kita kelola untuk anak dan keponakan kita,” sebut Syahril Abu Bakar

”Namun saya yakin, dengan terpilihnya Fitra Arianto sebagai panglima DPD LMR Kuansing, tak kan kalah dengan LMR Kabupaten yang lain. Melayu bisa bangkit di Kuansing ini. Pemuda pemuda melayu inilah yang akan menjadi tumpuan tanah melayu yang kita cintai ini,” ucapnya

Syahril berpesan kepada para datuk datuk yang ada di kuansing, agar para datuk datuk bisa menjaga tanah tanah ulayat yang ada di Kabupaten Kuansing

“saya mohon kepada datuk datuk untuk tidak menjual tanah tanah ulayat kita lagi, karena tanah tanah ulayat tersebut akan kita pergunakan untuk anak ponakan kita kelak,” pungkasnya (spc1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares