Ke Atas

Ekonomi RI kalah dari Singapura, ini tanggapan Menko perekonomian

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Selasa, 02 Jan 2018 21:21 PM / Belum ada komentar / 24 pembaca
Ilustrasi

Jakarta, Sijoripost.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, negara tetangga seperti Singapura mampu tumbuh signifikan sebesar 8,8 persen di kuartal III-2017.

Hal itu dikatakan JK terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cenderung stagnan dalam beberapa tahun terakhir. Menanggapi itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengakui jika perlambatan ekonomi Indonesia disebabkan sektor industrinya tidak sebesar seperti di Singapura maupun Malaysia.

“Kalau kami lihat mereka punya sektor industri yang jauh lebih besar peranannya terhadap perekonomian Indonesia. Jadi, ketika pertumbuhan ekonomi global membaik itu dengan cepat mereka bisa memanfaatkannya,” katanya di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Adapun Indonesia, imbuhnya, cenderung mengekspor komoditas yang tidak memberi dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena itu, dia mengakui jika ke depan sektor industri akan terus didorong agar dapat memberi kontribusi lebih terhadap perekonomian.

“Jadi, kami memang sebenanrya kan pada waktu pemerintahan Pak Jokowi – JK dimulai itu sudah mulai disadari kami harus mulai mendorong sektor industri tapi kan saat itu ada gejolak yang sebabkan perekonomian dunia melambat. Tapi mau gak mau kami harus masuk industri,” paparnya.

Namun, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan sektor perindustrian dalam rangka memberi masukkan bagi pemerintah untuk keberlangsungan industri.

“Kami sudah koordinasi dengan sektor perindustrian yang industri apa saja yang harus kami kembangkan yang bisa mengekspor tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri. Kalau hanya bertahan pada kebutuhan dalam negeri pertumbuhannya tidak akan besar,” tutupnya.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares