Ke Atas

Gerak cepat atasi Karhutla, Sejumlah Helikopter Water Bombing dikerahkan padam api

Oleh Redaksi Sijoripost / Diterbitkan pada Rabu, 14 Feb 2018 18:01 PM / Belum ada komentar / 22 pembaca
helicopter Water Bombing Sinar mas (foto internet)

Meranti, Sijoripost.com – Helikopter water bombing (WB) milik Sinarmas dikerahkan untuk membantu upaya tim darat memadamkan api Karhutla di Desa Lukun Kabupaten Meranti.

Seditikitnya, water bombing dilakukan sebanyak 43 kali dengan sekali siraman berisi 4500 liter air. Areal yang terbakar sangat jauh dari areal operasional perusahaan, yakni berjarak lebih kurang 35 KM dari pinggir lahan operasional perusahaan.

Dilansir dari detik.com, berdasarakan keterangan dari Polres Meranti, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Meranti Riau meluas hingga mencapai 135 hektare. Tim gabungan kini terus berupaya memadamkan titik-titik api.

“Kami perkirakan lahan yang terbakar mencapai 135 hektare,” kata Kapolres Meranti AKBP Laode Proyek, Rabu (14/2/2018).

Laode menjelaskan kebakaran itu terjadi sejak Jumat (9/2/2018) yang meluas hingga mencapai 135 hektare. Kebakaran tersebut tidak hanya sekadar lahan kosong namun merembet ke perkebunan sagu milik 5 orang warga setempat.

Titik api ini muncul tepatnya di Desa Lukun, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, yang disebabkan wilayah pesisir Riau sudah jarang turun hujan. Cuaca panas dan lahan yang kering menyebabkan api begitu cepat menjalar. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares