Ke Atas

Kiat Hemat Menyewa Mobil Untuk Rekreasi

Oleh Redaksi Sijoripost / Diterbitkan pada Jumat, 19 Agu 2016 14:48 PM / Belum ada komentar / 224 pembaca
Ilustrasi
Ilustrasi

LIBUR panjang memang paling asyik jika bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan. Meski tidak terlalu jauh, namun kebersamaan dengan keluarga menjadi momen yang teramat langka. Khususnya di tengah padatnya pekerjaan.

Di satu sisi, munculnya ide rekreasi bersama keluarga, kadang menimbulkan persoalan baru yang butuh untuk dipecahkan. Salah satunya kendaraan. Bagi yang memiliki mobil pribadi tentu tak akan ada masalah. Namun, bagi yang ingin jalan-jalan lebih hemat, menyewa mobil tentu akan lebih murah daripada harus bolak-balik naik angkutan umum untuk berwisata.

Supaya tidak tekor, beberapa tips menyewa mobil terjangkau ini dapat diaplikasikan, sebagaimana dikutip fokusriau dari merdeka.com:

Buat Perencanaan

Sebelum memutuskan menyewa mobil, buatlah perencanaan yang matang. Mulai dari tujuan, berapa waktu yang dibutuhkan, banyak bahan bakar yang dihabiskan, hingga yang paling penting adalah jenis mobil yang tepat dan nyaman untuk seluruh anggota keluarga.

Gali Informasi

Jangan malas untuk mencari informasi tentang penyewaan mobil. Carilah beberapa agen penyewaan, sebagai perbandingan. Perhatikan rekam jejak agen tersebut, agar tidak hanya murah yang didapat, namun kenyaman dan keamanan berkendara dengan mobil sewaan juga bisa diperoleh.

Jenis Mobil

Secara khusus jenis mobil yang akan ditumpangi perlu mendapatkan perhatian lebih. Sebab, tidak semua mobil mampu melewati beragam medan, terutama jika destinasi yang dituju bakal melewati rute ekstrem. Mobil dengan kapasitas mesin di atas 1500 cc cocok untuk perjalanan jauh dengan banyak penumpang. Sementara untuk pelesiran di dalam kota, mobil dengan kapasitas 1000 cc dapat dijadikan pilihan.

Buat Perjanjian

Ini penting untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, dengan perjanjian di awal, ban mobil bocor tidak menjadi tanggungan dari pihak penyewa. Atau, dengan biasa ganti 50:50. Dengan begitu, masing-masing pihak tak ada yang merasa dirugikan.

Supir Sendiri

Jika bisa dikemudikan sendiri atau bergantian dengan anggota keluarga lainnya, maka tak perlu menggunakan jasa supir. Sekalipun supir tersebut sudah termasuk biaya sewa, tetapi kehadirannya tentu akan mengurangi seat yang tersedia.

Manfaat Pertemanan

Apabila ada teman dekat yang punya jasa penyewaan mobil, atau paling tidak mobilnya bersedia disewakan, maka jangan disia-siakan. Jalinan pertemanan kadang bisa cukup menguntungkan. Paling tidak, dengan pertemanan tersebut, sewa mobil jadi tak semahal pada umumnya.

Cobalah menerapkan beberapa tips tersebut agar mobil sewa idaman bisa didapatkan. Jangan lupa untuk membawa beragam perlengkapan vital, termasuk obat tetes mata, agar saat terkena iritasi mata selama perjalanan bisa diobati sewaktu-waktu.

Selamat berlibur ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares