Ke Atas

Objek Wisata Batangkoban Kuansing Akan di Pugar Tahun Depan

Oleh Redaksi Sijoripost / Diterbitkan pada Senin, 04 Des 2017 10:57 AM / Belum ada komentar / 33 pembaca
Air terjun tujuh tingkat Batangkoban Kuansing

Kuansing, Sijoripost.com – Objek wisata air terjun tujuh tingkat, Batangkoban, Kecamatan Hulu Kuantan akan dipugar pada tahun 2018 mendatang. Dana pemugaran itu bersumber dari APBD Kuansing sebesar Rp 2 miliar dan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,3 miliar. Jadi total anggaran yang akan dikucurkan untuk mempercantik objek wisata andalan itu sebanyak Rp3,3 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kabupaten Kuansing, Azwan kepada riauterkinicom belum lama ini menjelaskan, kucuran dana sebesar Rp2 miliar yang bersumber dari APBD Kuansing akan digunakan untuk pembangunan turap tebing dan pembangunan dermaga pada pintu masuk objek wisata Batangkoban. Selain itu juga akan dibangun pintu gerbang lengkap dengan tempat istirahat para wisatawan.

Untuk menopang sarana dan prasarana destinasi wisata itu, ternyata Kementerian Pariwisata juga menaruh perhatian lebih untuk mendukung pembangunan objek wisata di Kabupaten Kuansing. Pihak kementerian juga akan membangun sejumlah fasilitas dikawasan itu.

Adapun pasilitas yang akan dibangun dari dana kementerian ini berupa, pembanguan ruang ganti pakaian dan toilet sebanyak 14 unit dengan dana Rp488 juta. Selanjutnya pembangunan Gazebo atau tempat istirahat sebanyak 14 unit dengan alokasi dana Rp698 juta. Dan pembangunan jalan untuk pejalan kakai atau pedestrian dalam kawasan broadwalk , pedestrian dan tempat parkir seluas 400 meter persegi dengan dana Rp.97 juta. Serta dana penunjang sebesar Rp67 juta.

Kepastian kucuran dana bagi penataan air terjun Batangkoban diakui Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Marwan, Sabtu ( 2/12/17 ) kemarin. Kata dia, dirinya baru saja usai menghadiri Rakor DAK Sektor Pariwisata di Provinsi Bali, Senin ( 27/11/17 ) lalu.

Dalam pertemuan itu kata dia, diikuti 495 orang peserta dari seluruh Indonesia yang berasal dari 302 kabupaten dan kota. ” Utusan 302 kabupaten dan kota berebut mendapat dana DAK sektor pariwisata fisik ini.

“ Dana DAK ini kami peroleh setelah membawa perencanaan dan program pengembangan air terjun Batangkoban dan dibahas secara alot. Dan akhirnya mendapat penilaian atau persetujuan dari Kabag Perencanaan Kementrian Pariwisata, perwakilan dari Bappenas dan perwakilan dari Kementrian Keuangan,” ujar Marwan sembari menyebutkan alokasi dana DAK Pariwisata untuk Kuansing tahun 2018 berjumlah Rp.1,3 miliar.***(dri/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares