Ke Atas

Pekan ini harga TBS naik

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Rabu, 10 Jan 2018 17:02 PM / Belum ada komentar / 48 pembaca
TBS

Pekanbaru, Sijoripost.comHarga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 10-16 Januari 2018 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Di mana jumlah kenaikan terbesar pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp17,01 per Kg atau mencapai 0,93 persen dari harga pekan lalu, sehingga harga TBS periode saat ini menjadi Rp1.842,82 per Kg.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Riau Ferry Hc mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk faktor internal, kenaikan harga TBS disebabkan oleh naiknya harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan sumber data.

“Untuk harga jual CPO, Sinarmas Group mengalami kenaikan sebesar Rp212,00 per Kg, Astra Agro Lestari Group yang mengalami penurunan harga sebesar Rp14,55 per Kg, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp138,56 per Kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp39,00 per Kg dari harga pekan lalu dan PT Musim Mas mengalami kenaikan harga sebesar Rp165,00 per Kg dari harga pekan lalu,” katanya.

Sedangkan untuk harga jual kernel, lanjut Ferry, Sinarmas Group mengalami penurunan sebesar Rp184,18 per Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp163,64 per Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp77,92 per Kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp75,00 per Kg dari harga pekan lalu.

“Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh membaiknya angka ekspor minyak sawit mentah serta perubahan cuaca, seperti kekhawatiran banjir adalah dua variabel yang mendukung harga, setidaknya dalam jangka pendek. Namun, terdapat potensi besar tekanan turun berlanjut, lantaran besarnya angka pasokan serta penguatan ringgit,” jelasnya.

riaupos.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares