Ke Atas

Ribuan Buruh Batam Desak Pemerintah Batalkan PP Nomor 78

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Sabtu, 11 Nov 2017 09:12 AM / Belum ada komentar / 72 pembaca
Unjuk rasa Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam yang berkumpul didepan kantor Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Jumat (10/11/2017)

Batam, Sijoripost.com – Ribuan buruh dari Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam berkumpul didepan kantor Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Jumat (10/11/2017).

Dalam aksi unjuk rasa itu, buruh meminta Pemerintah Kota Batam untuk membatalkan kebijakan peraturan pemerintah (PP) Nomor 78.Kordinator aksi FSPMI Batam, Suprapto menyampaikan agar pemerintah mendorong pengusaha menjalankan upah kopetensi, mencabut kebijakan PP 78 tahun 2015 dan menaikan UMK di tahun 2018 diatas PP 78.

“Kita berharap Pemerintah Kota Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau secepatnya mengambil kebijakan dan tidak takut dengan pengusaha,” papar Suprapto saat diwawancarai MetroKepri di lokasi unjuk rasa.

Sebelumnya, saat orasi para buruh FSPMI Kota Batam menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Kota Batam yakni;
1. Cabut PP 78/ 2015
2. Wako Batam sediakan sembako harga terjangkau
3. Tolak Kenaikan TDL, ATB dan Premium
4. Wako Batam dan Gubernur Kepri, Tetapkan UMK Batam Tahun 2018 dengan tidak menggunakan PP 78/ 2015
5. Segera buat asosiasi menurut jenis usahanya
6. Gubernur Kepri segera membuat Pergub mengenai asosiasi usaha
7. DPRD Batam segera membuat Perda mengenai asosiasi jenis usaha
8. BP Batam segera berikan hak milik atas tanah kepada masyarakat yang telah puluhan tahun membayar UWTO.

Pantauan di lapangan, meski kondisi cauca dalam keadaan hujan deras, namun aksi unjuk rasa tersebut tetap dilakukan dan para buruh tetap semangat hingga pihak pemerintah menemui para buruh.

Ahirnya, para buruh diterima oleh Wali Kota Batam untuk berdiskusi di Gedung Pemko Batam. Aksi unjuk rasa itu juga dikawal oleh ratusan personil kepolisian dari Polresta Barelang dan ratusan personil Satpol PP yang berjaga di area Gedung Pemko Batam. Aksi unjuk rasa tersebut berjalan aman dan kondusif.(jhn/spc3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares