Ke Atas

Ternyata, Total Uang Orang Terkaya di RI, Bisa Bangun Tol 17.000 Km

Oleh Randi Mahesa / Diterbitkan pada Rabu, 06 Des 2017 17:17 PM / Belum ada komentar / 74 pembaca

Jakarta, Sijoripost.com – Total harta kekayaan 50 orang paling kaya di Indonesia mencapai Rp 1.700 triliun. Uang tersebut setara dengan pembangunan 17.000 kilometer jalan tol di Indonesia.

Menurut Forbes, total kekayaan dari 50 orang terkaya di Indonesia bila dijumlahkan semua mencapai US$ 126 miliar setara Rp 1.701 triliun (kurs: Rp 13.500), naik dari tahun lalu yang mencapai US$ 99 miliar.

Selain karena kinerja bisnis yang moncer, Forbes juga menyebutkan, faktor lain yang menyebabkan naiknya valuasi kekayaan dari orang di dalam daftar ini adalah program tax amnesty, yang bisa membuat orang-orang kaya ini mendeklarasikan hartanya yang dulu tersembunyi dan diganti dengan penalti yang kecil.

“Tahun ini, prestasi yang perlu dicatat bahwa total harta kekayaan dari 50 orang terkaya RI melewati US$ 100 miliar untuk pertama kalinya. Posisi Indonesia, seperti tergambar dari daftar ini, membangkitkan komunitas bisnis global,” ujar Chief Editorial Advisor Forbes Indonesia, Justin Doebele dikutip dari Forbes, Rabu (6/12/2017).

Nah, uang sebanyak itu bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk setara dengan uang untuk membangun belasan ribu kilometer jalan tol di Indonesia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pernah menyebutkan perkiraan pembangunan jalan tol di Indonesia memerlukan biaya Rp 100 miliar untuk 1 kilometer.

Jika disimulasikan, maka Rp 1.700 triliun bisa digunakan untuk membangun jalan tol sepanjang 17.000 kilometer, berkali-kali lipat lebih panjang dari jalan tol yang sudah beroperasi saat ini yakni sekitar lebih dari 1.100 km.

detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares